Indari Mastuti: Menulis, Mulailah dari Sekarang! Part 2

 

Indari Mastuti pendiri Indscript Creative/sumber dokumen pribadi

Indari Mastuti, sosok gigih di balik melesatnya perusahaan besar Indscript Creative selalu menekankan sahabat di sekitarnya untuk aktif menulis. Menulis di samping bisa untuk menyehatkan jiwa, juga menjadi ladang penghasilan.


Menulis Mudah dari Indari Mastuti


Di channel telegram https://t.me/IndariMastutiChannel Indari Mastuti berbagi tips mudah langkah awal untuk menulis buku. Di antaranya yaitu membuat motivasi menulis, membuat ide judul buku, memilih satu judul, membuat outline dan menentukan manajemen waktu. Dua poin sudah ada pada tulisan sebelumnya.


Memilih satu judul buku


Ketika penulis ingin menulis sebuah buku, setelah menentukan motivasi menulis dan ide judul, langkah selanjutnya adalah memilih judul. 


Judul buku sangat mempengaruhi minat baca seseorang. Jika judul itu menarik, maka pembaca akan tertarik untuk mengetahui isinya.


Agar menarik, pastikan memilih judul buku yang unik dan mudah diingat. Panjang pendeknya kata dalam judul bukan menjadi patokan, asalkan unik akan mencuri perhatian pembaca.


Agar judul buku menarik, pastikan judulnya tegas dan bermakna. Oleh karena itu disarankan bagi penulis untuk melibatkan perasaan, banyak merenung agar mendapatkan judul yang bermakna. 


Sebaiknya sebelum menentukan judul, naskah cerita diselesaikan dulu. Sebab akan secara mudah untuk menyimpulkan karena naskahnya sudah selesai dan menjadi rangkaian cerita yang utuh.


Membuat outline


Outline atau kerangka tulisan merupakan rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan dikerjakan. Dapat juga diartikan sebagai rangkaian ide yang disusun secara sistematis, terstruktur, logis, jelas dan teratur. 


Tentukan Manajemen Waktu 


Ketika sudah merencanakan untuk menulis buku perlu diperhatikan yaitu mengatur waktu lamanya untuk menulis. Kalau tidak ada target dari penulis sendiri, maka akan berlarut. Jika ini dibiarkan akan berdampak tidak baik bagi penulis. Oleh karena itu harus fokus pada awal tujuan menulis.


Membuat to-do-list bisa dilakukan sebelum melakukan sederet aktivitas sehari-hari. Usahakan setiap malam membuat agenda untuk kegiatan esok hari, untuk meminimalkan tidak melakukan kegiatan di luar to-do-list. Agenda ini bisa diletakkan di buku catatan khusus agar tidak tercampur dengan tulisan yang lain dan mudah untuk membukanya esok hari.


Selesaikan pekerjaan sesuai to-do-list.

Usahakan membuat to-do-list dari pekerjaan yang dirasa paling penting hingga yang kurang penting. Jika menulis buku menjadi tujuan saat ini, maka harus ditempatkan pada urutan paling penting.


Usahakan dalam satu hari dibuat jadwal menulis. Ini harus dipatuhi oleh penulis agar tulisannya selesai tepat waktu.


Demikian beberapa tips langkah awal menulis buku dari Indari Mastuti. Motivator paling hebat adalah diri sendiri. Semoga menginspirasi.


#IndscriptCreative

#IndscriptBandung

#IndariMastuti


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen Genre Gore

Indari Mastuti: Penulis Harus Berkarakter