Indari Mastuti: Penulis Harus Berkarakter

Indari. Mastuti/sumber dokumen pribadi

Agar dapat dikenal oleh khalayak ramai, penulis harus mempunyai karakter positif. Jika penulis hanya asal menulis maka tulisannya tidak bermakna.


Penulis Berkarakter Menurut Indari Mastuti


https://youtube.com/shorts/EYaMurxKiYU?feature=share3. Di dalam channel youtube Rumah Teh Iin, Indari menjelaskan bahwa penulis harus berkarakter yang positif, dan mempunyai sifat pembelajar.


Jika anda sudah berniat terjun untuk menjadi penulis, maka belajar menjadi kewajiban yang tidak terelakkan. Belajar apa saja dan di mana pun anda berada.


Tidak ada batasan baik usia atau ruang untuk belajar. Apalagi saat ini, tempat dan waktu bukan penghalang untuk belajar kapan pun dengan adanya fasilitas belajar online. Banyak kelas  kepenulisan online yang bisa anda ikuti, tanpa harus meninggalkan kegiatan di rumah.


Penulis Pembelajar

Sebagai penulis anda wajib meluangkan waktu untuk membaca. Ragam bacaan yang sering anda temukan, akan menambah kosakata dalam menulis. Selain itu, dengan membaca akan menambah wawasan dan menjadikan tulisan menjadi semakin berbobot.


Setelah membaca dari berbagai referensi bacaan maka penulis harus bereksplorasi dari pengetahuan yang didapatkan. Berbagai macam wawasan dituangkan dalam tulisan. Penulis yang mau mengeksplor diri, akan terlihat pada tulisannya yang enak untuk dibaca. Jika sudah seperti ini maka pembaca akan nyaman untuk membaca tulisan anda.

Penulis Positif

Ketika anda menjadi penulis, jalan yang akan lalui mungkin tidak semulus yang anda harapkan. Tulisan yang kurangengenakkan ketika dibaca, respon pembaca yang kurang suka atau hal yng tidak mengenakkan lainnya.


Sikap positif, tidak pantang menyerah dan mau untuk menerima kritik dari orang lain, perlu anda terapkan sebagai seorang penulis. Dari saran dan kritik tersebut menjadikan anda akan belajar dari kesalahan dan bangkit untuk memperbaiki kualitas tulisan.


Penutup

Penulis yang berkarakter akan menghasilkan kualitas tulisan yang baik. Ini membutuhkan perjuangan yang tidak sebentar. Terus mengasah diri agar tidak ketinggalan dengan info terkini. Ketika anda sudah menjadi penulis yang berkarakter, anda sendiri yang akan merasakan manfaatnya. Sudah siap untuk menjadi penulis berkarakter?


#IndariMastuti

#IndscriotCreative

#IndscriptBandung




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen Genre Gore

Indari Mastuti: Menulis, Mulailah dari Sekarang! Part 2