Indari Mastuti: Platform Bisnis Online yang Membuat Omset Meroket

 

Indari Mastuti/sumber dokumen pribadi

Siapa yang tidak mengenal bisnis online di zaman sekarang? Tidak hanya kalangan dewasa, tetapi anak-anak pun sudah bisa untuk bertransaksi secara online.


Platform Bisnis Online yang Tepat Menurut Indari Mastuti

Bisnis online yaitu  kegiatan  jual beli yang dilakukan secara online, lewat media internet. Antara penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung. Pertanyaan bagi kalangan pebisnis online, terutama bagi pemula, bagaimana caranya berpromosi yang tepat agar terjadi banjir closing?


Tidak jauh berbeda dengan bisnis secara offline yang membutuhkan tempat untuk menata produk barang yang akan dijual dan dikenal oleh calon pembeli. Begitu juga bisnis online. Bedanya kalau offline membutuhkan tempat secara fisik atau nyata, tetapi bisnis online tidak harus. 


Menurut Indari Mastuti, pendiri komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB) dan komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis, mengatakan bahwa platform bisnis yang tepat akan berdampak pada kemajuan bisnis yang anda jalani saat ini.


Ada banyak platform atau tempat untuk memasarkan bisnis online. Di antaranya memakai whatsApp, Facebook, Instagram, marketplace, dan website toko online.


Agar Bisnis Meroket dengan Satu Platform Ide dari Indari Mastuti

Ketika anda sudah berniat menjalankan bisnis online, anda tidak boleh ragu untuk mengembangkannya. Ada banyak platform yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk anda. 


Menurut Indari Mastuti, sah-sah saja menggunakan banyak platform yang ada kalau bisa mengelola dengan baik. Jika tidak maksimal maka saran dari pendiri Indscript Creative ini adalah cukup menggunakan satu platform yang paling anda sukai dan kuasai.


Satu platform bisnis online yang anda kelola dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan banyak orderan. Hal ini akan menguntungkan bagi anda.

WA Marketing (WhatsApp)

WA marketing saat ini menjadi salah satu alternatif untuk berpromosi secara online.

Anda dapat mengumpulkan database berupa nomor WA dari banyak orang. Dengan data yang banyak, ketika anda berpromosi kemungkinan closing lebih besar.


Promosi bisa dilakukan lewat story WA, atau masuk ke dalam grup WA jual beli

 Di sini anda dapat berinteraksi dengan banyak penjual dan pembeli untuk menawarkan produk atau berinteraksi secara personal.


Manfaat dari WA marketing yaitu lebih bersifat personal, menjangkau lebih banyak calon pembeli, hemat, dan tingkat rasio dibuka dan dibaca orang lain lebih tinggi.

Facebook (FB)

Tempat promosi berikutnya yaitu di FB dan di Fanspage (FP).

Sebaiknya untuk FB personal, anda dapat berpromosi secara soft selling, sedang di FP dapat berpromosi secara hard selling. 

Jika soft selling adalah cara promosi dengan menawarkan produk secara halus, wehard selling justru sebaliknya..


Salah satu contoh teknik soft selling adalah copywriting. Copywriting merupakan proses menulis materi pemasaran dan 

promosi yang bersifat mengajak dan memotivasi orang untuk mengambil beberapa tindakan, misalnya untuk melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan.


Materi dapat berupa gambar, tulisan, video maupun gabungan ketiganya untuk melakukan promosi.

Dengan bahasa yang semenarik mungkin, calon konsumen diarahkan untuk CTA (Call To Action), yang akhirnya melakukan transaksi pembelian.


#IndariMastuti

#IndscriptCreative

#IndsctiptBandung



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen Genre Gore

Indari Mastuti: Menulis, Mulailah dari Sekarang! Part 2

Indari Mastuti: Penulis Harus Berkarakter